KUNJUNGAN PESERTA PELATIHAN MBS KAB. SIDOARJO

Peserta Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Kabupaten Sidoarjo bersama Tim Dinas Pendidikan Sidoarjo mengunjungi SDN Kedungturi. Kunjungan tersebut dikarenakan SDN Kedungturi dianggap sebagai sekolah yang layak dalam penerapan MBS. SDN Kedungturi juga merupakan yang kesekian kalinya dipercaya Dinas Pendidikan (Disdik) Sidoarjo sebagai sekolah rujukan dalam penerapan program MBS.

Dalam kunjungan itu, Peserta Pelatihan MBS Kabupaten Sidoarjo disambut hangat Kepala SDN Kedungturi, Dra. Ketty Ernawarsiyah, M. Pd beserta guru dan staf Tata Usaha (TU).

Pada awalnya MBS hanya memiliki tiga pilar, yakni MBS, Pakem dan Peran Serta Masyarakat (PSM). Namun, sejak tahun 2003, Kemendikbud menyempurnakan dan mengembangkan MBS awal menjadi MBS yang baru melalui tujuh pilarnya.

Ketujuh pilar MBS itu sendiri adalah Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Manajemen Peserta Didik, Manajemen Sarana dan Prasarana, Manajemen Pembiayan, Manjemen Humas dan Manajemen Lingkungan Sekolah.

Sementara itu, Kepala SDN Kedungturi Dra. Ketty Ernawarsiyah, M. Pd mengaku senang dan bangga bisa dipercaya Disdik sebagai sekolah rujukan yang dinilai layak dalam penerapan MBS. Terlebih, Disdik juga merekomendasikan kunjungan Tim peserta pelatihan MBS di SDN Kedungturi.

“Terimakasih kepada Disdik Sidoarjo dan semua pihak yang telah mempercayai sekolah kami sebagai sekolah rujukan dalam penerapan MBS. Memang MBS di sekolah sudah berjalan sesuai dengan kriteria MBS dan komponennya. Bahkan, tim MBS pun sudah dibentuk dan bekerja sesuai tupoksi,”